CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 14 Desember 2012

Desain Tata Letak Unit Rekam Medis


Just sharing guys, semoga bermanfaat :)


Mengenai Tata Letak bagian Unit Rekam Medis, kebetulan di semester 5 ini aku baru dapet mata ajaran tentang tata letak unit RM. Dari mata kuliah itu, setiap siswa mendapatkan tugas perkelompok untuk membuat desain tata letak UKRM (Unit Kerja Rekam Medis). Kebetulan tugas dari dosen untuk kelompok kami yaitu mendesain tata letak UKRM dengan 3 lantai, dimana :

  1. Lantai pertama yaitu bagian Pendaftaran dan Poliklinik
  2. Lantai kedua yaitu bagian Pengolahan (assembling, koding, indeks, analisis dan pelaporan)
  3. Lantai ketiga yaitu bagian Ruang Penyimpanan Rekam Medis

Dari keterangan tersebut, hasil desain yang udah aku buat :

1. Lantai 1


Dari desain diatas, mulai dari pintu masuk terdapat bagian informasi pada sebelah kanan dan bagian farmasi, kasir, tempat pendaftaran rawat jalan, tempat pendaftaran rawat inap pada bagian sebelah kiri. Serta beberapa klinik termasuk IGD. Terdapat juga lift dan tangga untuk menuju ke lantai selanjutnya.

2. Lantai 2


Di lantai ini adalah tempat terdapatnya kegiatan pengolahan rekam medis. Mulai dari kegiatan penataan rekam medis (assembling), kode penyakit (koding), indeks penyakit (indeks), analisis dan pelaporan. Pada desain di atas juga membuat ruang untuk Ka. Bagian RM / Direktur RM.

3. Lantai 3


Desain di atas merupakan gambar dari ruang penyimpanan RM. Dimana terdapat beberapa rak penyimpanan RM yang sudah menggunakan Roll O'pack.

Demikianlah desain tata letak unit rekam medis hasil pemikiran aku dan teman-teman. Semoga bermanfaat informasi ini bagi teman-teman yang lainnya :)


2 komentar:

  1. mba,
    bagaimana menghitung ruangan tenaga rekam medis???
    bagaimana menentukan jarak antara masing2 tenaga rekam medis dari masing2 tugasnya??
    kemudian bagaimana menghitung idealnya ruangan filling dan rekam medis??
    mohon bantuannya ya mba...
    mekasih sebelumnya..

    BalasHapus

Jumat, 14 Desember 2012

Desain Tata Letak Unit Rekam Medis


Just sharing guys, semoga bermanfaat :)


Mengenai Tata Letak bagian Unit Rekam Medis, kebetulan di semester 5 ini aku baru dapet mata ajaran tentang tata letak unit RM. Dari mata kuliah itu, setiap siswa mendapatkan tugas perkelompok untuk membuat desain tata letak UKRM (Unit Kerja Rekam Medis). Kebetulan tugas dari dosen untuk kelompok kami yaitu mendesain tata letak UKRM dengan 3 lantai, dimana :

  1. Lantai pertama yaitu bagian Pendaftaran dan Poliklinik
  2. Lantai kedua yaitu bagian Pengolahan (assembling, koding, indeks, analisis dan pelaporan)
  3. Lantai ketiga yaitu bagian Ruang Penyimpanan Rekam Medis

Dari keterangan tersebut, hasil desain yang udah aku buat :

1. Lantai 1


Dari desain diatas, mulai dari pintu masuk terdapat bagian informasi pada sebelah kanan dan bagian farmasi, kasir, tempat pendaftaran rawat jalan, tempat pendaftaran rawat inap pada bagian sebelah kiri. Serta beberapa klinik termasuk IGD. Terdapat juga lift dan tangga untuk menuju ke lantai selanjutnya.

2. Lantai 2


Di lantai ini adalah tempat terdapatnya kegiatan pengolahan rekam medis. Mulai dari kegiatan penataan rekam medis (assembling), kode penyakit (koding), indeks penyakit (indeks), analisis dan pelaporan. Pada desain di atas juga membuat ruang untuk Ka. Bagian RM / Direktur RM.

3. Lantai 3


Desain di atas merupakan gambar dari ruang penyimpanan RM. Dimana terdapat beberapa rak penyimpanan RM yang sudah menggunakan Roll O'pack.

Demikianlah desain tata letak unit rekam medis hasil pemikiran aku dan teman-teman. Semoga bermanfaat informasi ini bagi teman-teman yang lainnya :)


2 komentar:

  1. mba,
    bagaimana menghitung ruangan tenaga rekam medis???
    bagaimana menentukan jarak antara masing2 tenaga rekam medis dari masing2 tugasnya??
    kemudian bagaimana menghitung idealnya ruangan filling dan rekam medis??
    mohon bantuannya ya mba...
    mekasih sebelumnya..

    BalasHapus